all about Ilmu Budaya Dasar

Pengertian dari Ilmu Budaya Dasar atau IBD sendiri itu adalah pengetahuan dasar dan pengertian dari konsep masalah-masalah manusia dan kebudayaan yang ada di kehidupan kita sehari-hari.

Nah Setelah kita tahu pengertian dari IBD mungkin tidak berbeda jauh dengan ISD atau Ilmu Sosial Dasar, dan maka dari itu IBD dan ISD ada hubungannya. Pengertian dari ISD sendiri adalah penyelesaian masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar menggunakan teori-teori yang berasal dari ilmu kesosialan. Jadi IBD dan ISD saling berhubungan dimana untuk IBD kita harus mempelajari atau mengerti dari masalah-masalah yang ada di lingkunagn dan untuk penyelesaiannya kita menerapkan teori-teori yang telah kita pelajari di ISD. Itulah hubungan antara IBD dan ISD.

Apakah IBD berbeda dengan IPS?
hmmmm... Sebenarnya IBD dan IPS itu sama, mengapa sama? ya karena keduanya adalah sebuah bahan studi di dalam dunia pendidikan. Nah untuk perbedaannya hanya di pemberian pada jenjang pendidikannya. kalau IBD saat kita Kuliah dan IPS disaat kita SD, SMP, dan SMA(jurusan).

Nah setelah hubungan dan perbedaannya, bagaimana dengan ruang lingkup IBD?
Ruang Lingkup IBD itu berbagai aspek kehidupan yang berada di lingkungan sekitar yang dapat kita dekati menggunakan budaya dari segi-segi masing keahlian yang dimiliki.dan Hakekat manusia yang satu atau universal yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat itulah ruang lingkup dari IBD

sumber:

0 komentar

Tambahkan Komentar Anda