Banjir?Gak usah panik!

PANIK? BANJIR? gak usah kali ya? yuk baca dulu



Banjir? Apasih banjir itu? kata-kata banjir sudah tidak asing lagi bagi saya Karena dahulu saya sering terkena musibah banjir terutama pada saat musim hujan dan ketinggian airnya pun bermacam-macam mulai dari semata kaki hingga sampai genteng. Oh iya, terjadinya banjir bukan karena faktor musim hujan saja tapi bajir juga bisa disebabkan oleh bajir kiriman(5 tahun sekali) tapi yang paling sering terjadi karena musim hujan dan mampatnya saluran air di selokan(got).

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
1. Mematikan semua arus listrik didalam rumah, karena jika arus listrik didalam rumah masih menyala dan air banjir sudah masuk kedalam rumah maka itu sangat berbahaya, seperti kematian.
2.Membuat tanggul sederhana, tanggul ini terbuat dari karung yang diisi pasir dan menaruhnya dipintu dan tempat-tempat lainnya.
3. Mengangkat semua barang elektronik dan barang-barang berharga lainnya (surat rumah, akte, dll.) ketempat yang lebih tinggi, karena apabila barang-barang tersebut rusak atau hilang akan sangat merugikan.
4. MENGUNGSI, Nah ini hal yang paling jitu untuk dilakukan apabila air banjir semakin tinggi dan curah hujan sangat tinggi maka tidak dianjurkan untuk tinggal dirumah karena kemungkinan pula air banjir semakin meningkat sebaiknya mencari tempat mengungsi, jika mempunyai anak atau adik yang masih kecil sebaik kita awasi dan kita larang untuk bermain air banjir karena air banjir dapat diibaratkan "kerajaan" kuman.
5. TETAP SIAGA Jika kita mengungsi hendaknya jgn terlalu mengabaikan keadaan rumah karena saat mengungsi kondisi rumah sepi dan kondisi ini memungkinkan bagi orang-orang yang berniat jahat untuk mencuri barang-barang berharga yang ada didalam rumah maka jika saya mengungsi lebih baiknya membawa barang-barang berharga dan tidak meninggalkannya di sembarang tempat.

Itulah beberapa hal yang akan saya lakukan ketika musibah banjir datang. Gampangkan? Sulit? Tentu tidak. Selamat mencoba ya bagi yang masih terkena musibah banjir, karena saya sudah pindah perumahan dan MUDAH-MUDAHAN tidak terkena musibah banjir jadi saya ucapkan SELAMAT MENCOBA DAN TERIMA KASIH

Tips and Trik agar tidak terkena banjir adalah :
→ Buanglah sampah pada tempatnya
→ Bersihkan saluran air dan saluran pembuangan.
→ jangan menebang pohon sembarangan, karena pohon dapat membantu menyerap air
→ Berdoa agar disaat musim hujan datang tidak akan ada musibah banjir lagi.

0 komentar

Tambahkan Komentar Anda