MANUSIA DAN CINTA KASIH

PENGERTIAN CINTA KASIH

Cinta adalah rasa suka atau rasa sayang yang tidak dapat dijelaskan asal dari mana asal usulnya. Dan arti kata kasih memiliki arti yaitu sebuah perasaan sayang terhada seseorang atau lebih tepatnya terhadap makhluk hidup. Cinta dalam kehidupan ini sangat penting yang salah satunya Cinta antar sesama dimana apabila hidup tanpa cinta diibaratkan makan sayur tanpa bumbu, yang mengakibatkan kehidupan kita akan selalu dipenuhi rasa galau (ungkapan yang sekarang sedang buming dikalangan anak muda). Dan yang kedua adalah CINTA terhadap TUHAN kita, karena hanya Tuhan-lah tempat kita mengadu.
Di dalam Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, antara lain pengasuhan, tanggung jawab, pernatian dan pengenalan. Pada pengasuhan contoh yang paling menonjol adalah cinta seorang ibu pada anaknya. Tanggungjawab adalah sebuah penanggungan yang akan kita lakukan atas perbuatan yang telah kita lakukan, dalam arti lain kita harus menerima dan mananggung semua akibat dari perbuatan yang telah kita lakukan entah baik atau buruk. Perhatian yang berarti memperhatikan suatu objek dengan rasa kasih yang kita miliki, contohnya : ketika memadukasih(pacaran) pasti kita akan memberikan perhatian yang lebih contohnya yang paling kecil adalah menanyakan sudah makan atau belum, lagi apa, gimana tadi aktifitasnya, seperti itu contoh perhatian. Lalu Pengenalan yang merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia dalam arti kita ingin mengetahui tentang dirinya atau dalam bentuk yang lain. Dengan ke empat unsur tersebut, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan, suatu cinta dapat dibina secara lebih baik.

Bentuknya beraneka ragam misalnya :
1. cinta kepada thagut. Thagut adalah syetan, atau sesuatu yang disembah selain Tuhan. Dalam surat Al Baqarah, Allah berfinnan : dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah
2. cinta berdasarkan hawa nafsu.
3. cinta yang lebih mengutamakan kecintaan pada orang tua, anak, istri, perniagaan dan
tempat tinggal.

CINTA MENURUT AGAMA
Cinta menurut agama adalah cinta kita terhadap sang pencipta , kita cinta terhadap semua yang telah diciptakan demi meneruskan hidup di dunia yang harus kita syukuri atas segala rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita di dunia , jangan lah kau mendustai apa yang telah diberikan oleh Allah Swt , kita harus cinta melaksanakan segala apa yang telah diperintahkan dan menjauhi segala larangannnya.
Cinta nampak di dalam kehidupan manusia dalam berbagai bentuk, kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri, kadang-kadang seseorang mencintai orang lain atau juga istri dan anaknya, hartanya allah dan rasulnya, berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur'an.

Dan dalam al-quran pun terdapat beberapa ayat mengenai cinta antara lain adalah sebagai berikut:
Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat dzalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).(2:165)

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).(3:14)

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(3:31)

Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.(5:54)

Katakanlah: “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.(9:24)

PENGERTIAN KASIH SAYANG

Kasih sayang setiap orang dapat memiliki arti yang berbeda. Kalo menurut saya kasih sayang adalah suatu perasaan yang hampir sama dengan rasa cinta, tetapi tidak bisa melebihinya. Kasih sayang misalnya seperti rasa sayang kita kepada orang tua, teman atau pun sahabat kita. Jika rasa kasih sayang kita melebehi itu berarti kita menyukai atau mencintai seseorang. Ini pengertian menurut saya.
Cinta kasih ada beberapa macam :
1. Cinta kasih antar orang tua dan anak.
2. Cinta kasih antara pria dan wanita.
3. Cinta kasih antara manusia.
4. Cinta kasih antara manusia dan tuhan.
5. Cinta kasih manusia terhadap lingkungan.

PENGERTIAN KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati atau akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan dari kasih sayang yang mendalam. Filusuf Rusia dalam bukunya makna kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar keluar dari cinta diri, Ia mulai hidup untuk orang lain”.

PENGERTIAN PEMUJAAN
Merupakan salah satu investasi cinta manusia kepada Tuhan yang diwujudkan dalam kimunikasi ritual, karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,agama dan kepercayan yang ada. Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.
BELAS KASIHAN
Belas kasihan atau kepedulian adalah merupakan sebuah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha untuk mengurangi penderitaan kepada orang lain.
CARA MENUMPAHKAN BELAS KASIH
Di dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihi dan banyak cara kita menumpahkan rasa belas kasihan kita dengan iklas dan tulus. Yang perlu kita kasihi antara lain : yatim-piatu, orang-orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis , orang sakit, orang cacat, masyarakat yang hidup menderita lainnya dan sebagainya.
CINTA KASIH EROTIS
Dalam cinta kasih erotis terdapat ekslusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Sering dapat kita jumpai di setiap pasangan atau orang-orang yang sedang saling mencintai tanpa merasakan cinta kasih terhadap setiap orang lainnya. Cinta kasih mereka sebenarnya merupakan egoisme dua orang , mereka adalah dua orang yang saling menemukan kesamaan. Cinta kasih erotis mengeksklusifkan cinta kasih terhadap orang lain hanyalah dalam segi-segi fungsi erotis dan keikut sertaan dengan semua aspek kehidupan orang-orang lain, tapi bukan dalam arti cinta kasih yang mendalam

sumber :
google, dan
berbagai macam blog yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu :)

0 komentar

Tambahkan Komentar Anda